wisata budaya indonesia

Wisata Budaya Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang sangat luar biasa. Iya terdapat ribuan budaya yang semuanya memiliki ciri khas yang sangat unik. Nah dari keunikan budaya di Indonesia inilah yang kemudian menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan untuk melihat keunikan dan keindahan budaya Indonesia. Nah berikut beberapa wisata budaya Indonesia yang paling banyak dikunjungi.

Berbagai Ragam Wisata Budaya Indonesia

1. Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh

Hasil gambar untuk 1. Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh

Salah satu wisata budaya religi Islam di Indonesia mungkin salah satunya yang paling fenomenal adalah Masjid Raya Baiturrohman di Aceh. Masjid yang tetap utuh ketika diterjang tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu tersebut merupakan masjid kesultanan Aceh yang dibangun pada tahun 1022 M oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Banguan masjid ini layaknya miniatur Taj Mah yang ada di India. Keindahan arsitektur masjid ini serta bentang alam disekitarnya yang sangat menarik mejadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. 

2. Istana Maimun di Medan

Hasil gambar untuk 2. Istana Maimun di Medan

Tempat wisata Budaya selanjutnya adalah Istana Maimun di Medan ini merupakan istana kesultanan Deliyang. Istana ini menjadi ikon kota Medan dengan bangunannya yang memiliki desain ala arsitektur Italia. Luasnya sekitar 2.772 M yang terdiri dari 30 ruangan yang terbagi menjadi 2 lantai. Terdapat 3 bagian dari istana yakni bagian sayap kiri, sayap kanan, dan bangunan induk. 

3. Keraton Yogyakarta

Hasil gambar untuk 3. Keraton Yogyakarta

Keraton Kasultanan Ngayogakarta Hadiningrat merupakan pusat dari meseum kebudayaan di Jawa. Lokasinya di DI Yogyakarta yang merupakan keraton tempat tinggal sultan beserta dengan keluarganya. Tempat ini juga menjadi tempat isata budaya suku Jawa yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini. 

4. Festival Lembah Baliem di Papua

Hasil gambar untuk 4. Festival Lembah Baliem di Papua

Nah jika Anda ingin melihat keunikan wisata budaya Indonesia di Papua, maka Anda bisa datang ke festival tahun khas papua yang dilaksanakan di Embah Baliem. Iya festival ini merupakan festival budaya yang diambil dari kepercayaan masyarakat lokal. Adapun salah satu kepercayaannya yakni bahwa perang bukan hanya sebuah konflik untuk memperjuangkan kepentingan serta kekuasaan saja, melainkan juga menjadi simbol kemakmuran serta kesuburan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *