Wisata di Jogja

Pesona Budaya Wisata di Jogja Yang Penuh Dengan Sejarah

Jogja memiliki pesona yang tidak ada habisnya. Tempat yang menawan dan menghadirkan berbagai destinasi wisata membuat kota ini tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Tidak sedikit wisatawan asing dari berbagai negara yang berkunjung kesini. Suasana yang nyaman serta lingkungan yang ramah membuatnya semakin populer di kalangan wisatawan.

Jogja sendiri memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Salah satu hal yang paling menarik adalah wisata budaya yang dimilikinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa Jogja memiliki pesona budaya yang unik sehingga menarik banyak wisatawan untuk berkunjung kesana. Selain itu setiap tempat Wisata di Jogja memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Oleh karena itu kamu tidak akan pernah bosan untuk berkunjung ke Jogja.

Terdapat banyak tempat wisata dengan pesona budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi di Jogja. Setiap tempat wisata tersebut memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Berikut ini rangkuman beberapa tempat Wisata di Jogja dengan pesona budaya dan bersejarah.

1. Keraton Yogyakarta

Hasil gambar untuk 1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan pusat sejarah dari Yogyakarta. Keraton Yogyakarta juga merupakan museum hidup bagi pelestarian kebudayaan Jawa. Terdapat koleksi barang-barang kuno yang memiliki nilai sejarah. Disini kamu bisa mengetahui kegiatan para abdi dalem sehari-hari secara langsung. Selain itu terdapat berbagai pertunjukan seni budaya yang berbeda-beda yang dilaksanakan setiap harinya. Hal menarik lainnya adalah kamu bisa belajar untuk memainkan alat musik tradisional jawa yaitu gamelan secara langsung dengan bantuan abdi dalem yang sudah ahli.

2. Istana Air Taman Sari

Gambar terkait

Berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, kamu dapat menuju Istana Air Taman Sari dengan 10 menit menggunakan becak. Pada zaman dahulu tempat ini merupakan tempat istirahat bagi sultan. Istana Taman Sari memiliki area yang luas, terdiri dari kolam pemandian dan lorong-lorong bawah tanah. Kamu akan menikmati jejak-jejak sejarah kebudayaan Keraton dengan lebih dekat disini.

3. Museum Benteng Vredeburg

Hasil gambar untuk 3. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg terletak di depan Gedung Agung dan Keraton Yogyakarta. Di dalam Museum ini terdapat diorama yang berkaitan dengan sejarah Indonesia. Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan benteng dan menelusuri jejak-jejak sejarah yang ada di setiap gedungnya.

4. Monumen Jogja Kembali

Hasil gambar untuk 4. Monumen Jogja Kembali

Monumen yang terletak di sudut Ring Road Utara dan Jalan Palagan Tentara Pelajar ini merupakan tempat yang menyimpan jejak-jejak sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda di Yogyakarta. Terdapat berbagai atribut perang dan barang-barang sejarah serta diorama. Selain itu terdapat berbagai wahana permainan anak. Pada malam hari kamu bisa menikmati indahnya berbagai bentuk lampion di Taman Pelangi. Tempat yang memiliki nilai sejarah serta menarik untuk dikunjungi.

5. Makam Raja-raja Imogiri

Hasil gambar untuk 5. Makam Raja-raja Imogiri

Makam Raja-raja Imogiri merupakan area pemakaman yang diperuntukan khusus bagi para raja-raja Kesultanan Mataram. Area ini dibangun oleh Sultan ketiga, yang merupakan keturunan langsung dari Panembahan Senopati. Kesultanan Mataram yang telah terpecah menjadi dua, menyebabkan area makam ini pun dibagi menjadi dua bagian.dua bagian tersebut yaitu area pemakaman untuk Kasunanan Surakarta dan area pemakaman untuk Kesultanan Yogyakarta. Terdapat aturan yang sangat ketat bagi para pengunjung yang hendak memasuki area pemakaman untuk berziarah. Alangkah baiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu apabila hendak memasuki area pemakaman ini.

6. Candi Prambanan

Hasil gambar untuk 6. Candi Prambanan

Candi yang terletak di perbatasan Yogyakarta dengan Klaten Jawa Tengah ini memiliki pesona budaya dan nilai sejarah yang tinggi sehingga menjadi candi yang wajib dikunjungi. Salah satu candi Hindu yang memiliki panorama dan struktur bangunan yang indah. Selain itu terdapat pula Sendratari Ramayana yang dipentaskan setiap malam bulan purnama di area candi Prambanan. Candi ini merupakan salah satu destinasi Wisata di Jogja yang sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

7. Candi Ratu Boko

Hasil gambar untuk 7. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko berada 3 km di selatan candi Prambanan. Candi ini berada di kawasan perbukitan yang asri.  Tempat ini merupakan situs peninggalan sejarah yang berupa runtuhan dari sebuah istana kerajaan. Panorama yang dihadirkan sangatlah indah dan mempesona, sehingga tempat ini sering digunakan sebagai tempat pemotretan. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung di situs Candi Ratu Boko ini.

Demikianlah beberapa ulasan terkait tempat Wisata di Jogja yang memiliki pesona budaya dan nilai sejarah yang wajib untuk dikunjungi. Selain memiliki daya tarik tersendiri tempat-tempat tersebut juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Oleh karena itu kamu dapat memasukkan tempat-tempat tersebut ke dalam list destinasi wisata di Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *