harga emas perhiasan hari ini

Ingin Beli Cincin Emas? Ini Faktor yang Berpengaruh Pada Harga Emas Perhiasan Hari Ini

Ingin membeli cincin emas baru? Sebelum itu, Anda perlu mengecek faktor-faktor yang berpengaruh pada harga emas perhiasan hari ini, termasuk cincin. Terutama jika Anda membeli cincin yang berhiaskan berlian. Maka, ada beberapa faktor tambahan yang mempengaruhi harganya. Apa saja? Artikel ini membahasnya lebih lengkap untuk Anda!

Faktor yang Berpengaruh Pada Harga Emas Perhiasan Hari Ini

Inilah hal-hal yang mempengaruhi harga perhiasan emas dengan tambahan berlian, termasuk cincin:

1. Kadar Kemurnian Emas (Karat)

Faktor pertama yang mempengaruhi harga cincin yang akan Anda beli yaitu kadar kemurnian emas atau karat. Emas yang dijadikan sebagai cincin bukan emas murni karena terlalu lunak. 

Oleh sebab itu, kadar kemurnian menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga. Semakin tinggi kadarnya, harganya akan semakin tinggi pula. Misalnya emas 18K lebih tinggi harganya dari emas 14K. 

2. Berat Emas 

Selanjutnya, berat emas juga mempengaruhi harganya. Berat emas ini dihitung dalam gram. Karena ada berlian, biasanya berat emas dihitung dengan berliannya. 

Namun, ada juga butik perhiasan yang menghitung hanya berat emas saja, sedangkan berat berlian dihitung sendiri. Berat emas ini juga dipengaruhi oleh jenis emasnya. Emas padat tentu saja memiliki berat lebih besar dari emas berongga. 

3. Desain dan Nilai Estetika

Harga emas perhiasan hari ini selanjutnya dipengaruhi oleh desain dan nilai estetika. Cincin emas berlian memiliki desain yang sangat beragam. Mulai dari simple minimalis sampai dengan mewah dan banyak detailnya. 

Perhiasan dengan desain yang rumit berharga lebih tinggi karena proses pembuatannya lebih panjang. Nilai estetika juga mempengaruhi harga karena ide yang dikeluarkan. 

4. Warna Berlian

Jika membeli cincin emas berlian, maka ada beberapa tambahan faktor yang mempengaruhi harga cincin emas hari ini. Faktor pertama yang mempengaruhi adalah warna berlian atau diamond color.

Berlian putih memiliki warna yang beragam, ditentukan dengan grade mulai dari D sampai dengan Z. Grade D adalah grade tertinggi dan langka, sedangkan grade Z adalah grade terendah dan kurang bagus untuk cincin emas.

5. Kejernihan Berlian

Kejernihan berlian atau diamond clarity berbeda dengan warna berlian. Kejernihan ini menunjukkan ada tidaknya tanda cacat alami atau inklusi di dalam berlian. Karena berlian alami terbuat di dasar Bumi, maka biasanya akan ada tanda cacatnya. 

Berlian terbaik memiliki grade FL atau Flawless. Lalu di bawahnya ada IF atau Internally Flawless yang tak kalah indah dan jernih. Kemudian ada VVS, VS, SI, dan terakhir I. Anda dianjurkan menghindari grade SI dan I.

6. Berat Berlian

Berat berlian atau diamond weight berbeda dengan berat emas. Satuan dari berat berlian adalah carat. Satu carat berlian bernilai 0,2 gram atau 200 miligram. 

Perlu Anda ketahui bahwa berat dan ukuran berlian berbeda. Jadi, berlian dengan besar atau ukuran yang sama belum tentu memiliki berat yang sama. Bisa saja salah satu berlian memiliki berat yang lebih tinggi. 

7. Potongan Berlian

Terakhir, potongan berlian atau diamond cutting. Potongan berlian ini menjadi faktor yang paling penting untuk menentukan keindahan dan kilau berlian. Pastikan Anda membeli cincin emas berlian dengan potongan excellent cut

Sudah tahu apa saja yang menjadi faktor penentu harga emas perhiasan hari ini? Faktor di atas termasuk perhiasan yang menggunakan berlian. Jika mencari perhiasan cincin emas berlian yang indah, maka Anda bisa mencarinya di The Palace Jeweler. 

Sebagai brand #NationalJeweler, Anda bisa mendapatkan perhiasan #Therlengkap, #Therjamin, dan #Therjangkau. Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai koleksinya di Instagram @thepalace_id, TikTok The Palace Jeweler, atau website resmi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *