mastitis

Penyakit Mastitis: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Pernah mendengar penyakit mastitis atau radang kelenjar payudara? Sesuai namanya, penyakit ini menyerang payudara wanita. Bisa salah satu payudara saja atau keduanya. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis peradangan satu ini!

Penyebab

Pada umumnya peradangan terjadi pada wanita menyusui. Namun wanita yang tidak menyusui dan wanita menopause juga bisa mengalaminya. Penyebab peradangan pada wanita menyusui dan tidak menyusui berbeda.

Pada wanita menyusui, peradangan umumnya terjadi karena penumpukan ASI yang membuat saluran air susu tersumbat. Beberapa hal yang menyebabkan saluran ASI tersumbat yaitu posisi bayi salah saat menyusu, pengeluaran ASI tidak lancar, bayi tidak cukup menyusu, proses menyapih, ASI tidak banyak, atau hanya menyusu dari satu payudara.

Peradangan pada jaringan payudara lebih sering terjadi pada wanita yang menyusui. Namun juga bisa terjadi pada wanita yang tidak menyusui. Penyebab pada wanita yang tidak menyusui yaitu cedera, daya tahan tubuh rendah, penyakit kulit, implan, atau kondisi medis tertentu.

mastitis

Gejala

Lantas apa saja gejala jika seorang wanita mengalami masalah peradangan? Ada banyak gejala yang bisa Anda deteksi sejak dini. Beberapa gejalanya yaitu payudara kemerahan dan hangat, payudara membengkak, nyeri seperti terbakar saat menyusui, dan nyeri saat disentuh.

Pada kondisi yang parah, peradangan juga disertai gejala lain. Contohnya demam, menggigil, mual, tubuh terasa pegal, keluar cairan dari puting, dan benjolan di payudara. Jika sudah di tahap tersebut, Anda harus segera ke dokter. 

Cara Mengobati

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati peradangan payudara yaitu:

  • Menyusui bayi dengan benar.
  • Aktivitas menyusu setiap 2 jam dengan posisi berbeda.
  • Kompres pakai air hangat.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri.
  • Hindari memakai bra yang ketat.
  • Pijat ringan payudara untuk melancarkan penyumbatan.

Nah, itulah pembahasan mengenai penyakit mastitis yaitu radang kelenjar payudara. Peradangan ini sangat mengganggu jika terjadi pada ibu menyusui, pasalnya menyusui menjadi terhambat. Padahal ASI (Air Susu Ibu) merupakan kebutuhan pokok bagi bayi.

Selain mengatasi masalah radang payudara, Anda juga perlu mencarikan popok yang aman dan nyaman untuk bayi. Pilihan yang tepat untuk Anda adalah MAKUKU SAP Diapers. Struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) membuat popok anti bocor, anti gumpal, dan anti ruam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *