Mitsubishi Pajero Sport

Ketahuilah Cara Kerja Fitur Keselamatan dari Mitsubishi Pajero Sport

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kini merilis mobil versi rakitan lokalnya. Mobil ini disebut dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, SUV yang memiliki keunggulan utama berupa sistem keselamatan canggih. Terdiri dari FCM (Forward Collision Mitigation System), BSW (Blind Spot Warning), UMS (Ultrasonic Misacceleration Mitigation System) dan ACC (Adaptive Cruise Control). 

Berikut cara kerja fitur safety canggih tersebut:

1. FCM (Forward Collision Mitigation System)

Fitur ini disebut dengan sensor pengereman otomatis, fitur keselamatan ini akan mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan yang terdeteksi oleh radar FCM dengan cara untuk mengatur sistem pengereman pada kendaraan. Sistem ini memanfaatkan sensor radar. Lebih aman nya lagi, rem otomatis tidak akan bekerja pada halangan kendaraan yang sedang diam apabila kecepatan mobilnya di atas 30 km/jam. Selain itu, rem otomatis akan dilepas 2 detik setelah berhenti sehingga dianjurkan pengemudi terus menginjak pedal rem. 

2. BSW (Blind Spot Warning)

Fitur ini disebut dengan sensor kendaraan tidak terlihat. Fitur keselamatan ini akan mendeteksi kendaraan di sekitar Anda dalam jarak kurang lebih dari 3 meter yang berada pada area blind spot dan menunjukkan indikator yang menyala di spion. Ketika ingin berbelok, maka BSW juga akan memberi peringatan berupa indikator yang berkedip. 

Mitsubishi Pajero Sport

3. UMS (Ultrasonic Misacceleration Mitigation System)

Fitur ini disebut dengan sensor stop otomatis, fitur keselamatan ini yang memanfaatkan setiap sensor parkir dapat menahan output mesin selama kurang lebih 5 detik saat kendaraan dalam kondisi berhenti maupun hampir berhenti untuk menghindari tabrakan yang disebabkan oleh kesalahan pengoprasian pada pedal gas. 

Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Dari Fitur Cruise Control

Fitur pada sebuah mobil telah menjadi salah satu poin penting yang dicari oleh konsumen. Oleh karena itu, berbagai jenis kendaraan seperti Mitsubishi Motors kini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Salah satu fitur yang ada di mobil Mitsubishi adalah Cruise Control. Selain itu juga terdapat fitur Adaptive Cruise Control. Fitur Cruise Control sudah mulai banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru. Fungsi utamanya yaitu bisa melaju dengan kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas secara terus menerus. Sehingga fitur ini dapat meringankan kerja sopir, karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Fitur ini disebut dengan sensor kecepatan adaptif. Namun bedanya, fitur ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang berada di depan.

Fitur ini juga bisa aktif pada kecepatan minimum 40 km/jam. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Cruise Control yang terletak di setir sebelah kanan. Ketika telah dinyalakan, pada layar MID akan muncul logo Cruise Control lalu cukup dengan menekan tombol SET untuk mengaktifkannya. Setelah itu mobil pun akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan. Misalnya pada kecepatan 80 km/jam dengan fitur Cruise Control, pengemudi hanya cukup mengendarai mobil hingga 80 km/jam dan lalu mengaktifkan fitur tersebut. Pada tombol Cruise Control ini juga tersedia tombol +- yang berfungsi untuk meningkatkan atau mengurangi kecepatan pada mobil saat fitur ini aktif. Fitur ini sudah dipercaya akan kecanggihan nya oleh banyak orang. Sehingga peminat akan kendaraan ini pun terus bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *