Selain Harga Ban Mobil, Ini Dia Hal Lain yang Wajib Diperhatikan

Dalam sebuah kendaraan termasuk mobil, ban menjadi salah satu komponen penting yang dapat mempengaruhi tingkat keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Mengingat akan hal tersebut, selain soal harga ban mobil itu sendiri, masih ada beberapa poin lain yang wajib diperhatikan sebaik mungkin dalam pemilihannya.

Lalu hal apa sajakah yang harus diperhatikan dalam pemilihan ban mobil? Berikut beberapa diantaranya

  1. Menyesuaikan ban dan kebutuhan

Sebelum mencari ban baru untuk dipasangkan pada mobil, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan berkendara Anda. Pasalnya, ban memiliki jenis yang berbeda, dan pasti peruntukannya pun juga berbeda pula. Jadi, pastikan ban tersebut untuk mengemudi di jalan raya, di perkotaan yang padat atau digunakan untuk menerjang jalur offroad yang kasar.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi cuaca di daerah Anda apakah daerah Anda memiliki curah hujan yang tinggi atau tidak? Jika intensitas hujan di daerah  Anda cukup tinggi maka pilih ban dengan pola yang sedikit lebih bergerigi.

  1. Perhatikan ukuran ban

Perlu digaris bawahi, ukuran ban yang tidak sesuai dengan mobil bukan hanya akan berdampak pada performanya. Lebih dari itu, hal tersebut juga dapat membahayakan keselamatan pengendara. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa manual mobil atau lihat pada bagian dalam pintu pengemudi untuk mengetahui ukuran ban yang sesuai dan direkomendasikan.

Jangan lupa, pastikan juga Anda memilih ban yang ukurannya sesuai dengan velg demi kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara.

  1. Perhatikan pola ban

Pola pada setiap tapak ban dapat mempengaruhi traksi dan kinerja ban ketika melibas berbagai kondisi jalan. Contohnya, ban yang memiliki pola tapak yang dalam akan cocok untuk kondisi offroad. Sedangkan ban berpola tapak lebih rata dan halus cocok digunakan di jalan raya.

Karena setiap pola tapak ban memiliki karakteristik dan peruntukannya masing-masing, mala pastikan Anda pilih ban dengan pola tapak yang sesuai kebutuhan, ya! Jika merasa bingung, Anda bisa meminta rekomendasi ban tepat pada ahlinya.
Itulah dia hal lain selain harga ban mobil yang harus diperhatikan dalam pemilihannya. Ingin mendapatkan ban mobil berkualitas terbaik dan dengan harga terjangkau? Ban mobil Dunlop jawabannya. Jangan sampai salah pilih, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *