cara mengatasi ruam popok pada bayi

3 Pemicu Terjadinya Ruam Popok Serta Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Sebagai orang tua, sudah sepatutnya kita mengetahui cara mengatasi ruam popok pada bayi sedini mungkin. Sebab ruam popok ini merupakan sebuah permasalahan kulit yang sering menimpa si kecil. 

Selain bisa menyebabkan si bayi mudah rewel, ruam yang terjadi pada kulitnya tentu akan memberikan rasa tidak nyaman saat ia sedang beraktivitas. 

Penyebab Terjadinya Ruam Popok pada Bayi Anda

Biasanya yang memicu terjadinya ruam popok pada bayi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi Jamur

Kotoran yang menempel pada popok bayi terlalu lama, tentunya akan menyebabkan infeksi jamur, yang akan memicu timbulnya ruam pada kulit bayi. 

  • Lembab pada Area Pemakaian Popok

Faktor kelembaban pada kulit area pemakaian popok, biasanya terjadi akibat suhu udara di ruangan yang kurang baik sirkulasinya, dan juga sudah terlalu banyak cairan yang terdapat pada popok bayi. Hal ini akan berimbas mudah terjadinya ruam pada bayi. 

  • Adanya Gesekan Antara Kulit Bayi dengan Popok

Hal yang dapat memicu terjadinya ruam popok pada bayi juga adalah karena sering terjadinya gesekan antara kulit bayi dengan popok yang sedang ia pakai. 

Apalagi jika popok yang dipilih terbuat dari bahan dan ukuran yang tidak sesuai, bisa memperparah lagi kondisi ruamnya, karena bisa memicu iritasi pada kulit bayi. 

Cara Menangani Ruam Popok Pada Bayi yang Baik dan Benar

Untuk cara mengatasi ruam popok pada bayi baik dan benar ini, setidaknya Anda bisa melakukan berbagai hal sebagai berikut: 

  1. Selalu Jaga Kebersihan Kulit Bayi

Sehabis bayi buang air dalam intensitas yang tinggi, pastikan Anda selalu sigap untuk segera melakukan pembersihan pada kulitnya. Saat pergantian popoknya, pastikan Anda hanya menggunakan air hangat ya!

  1. Berikan Produk Khusus Bayi Terbaik

Anda bisa mengoleskan krim khusus ruam yang bisa dibeli di apotik terdekat untuk mengatasi ruam popok. Selain itu Anda juga wajib memilihkan produk popok terbaik dari MAKUKU, yang sudah terbukti aman untuk semua kondisi kulit bayi. 

Sekian ulasan mengenai penyebab serta cara mengatasi ruam popok pada bayi yang tepat ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *