perhiasan berlian

Tips Membeli Perhiasan Berlian Dengan Tepat yang Wajib Diketahui

Selain memiliki keindahan berkat kilauan cahaya yang bisa dipancarkan, berlian juga memiliki harga yang cukup tinggi apalagi jika berlian tersebut merupakan berlian langka. Maka dari itu, bagi Anda para pemula yang baru pertama kali membeli perhiasan berlian, maka Anda wajib mengetahui beberapa hal agar perhiasan tersebut benar-benar mampu menunjang penampilan maksimal Anda.

Nah untuk membantu Anda dalam hal tersebut, berikut kami hadirkan beberapa tips yang perlu diketahui dan Anda terapkan sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan berlian. Beberapa tipsnya yaitu:

Pahami Standar 4C

perhiasan berlian

Saat hendak membeli perhiasan berlian, hal utama yang wajib Anda pahami adalah aspek 4C pada berlian. 4C sendiri merupakan standar kualitas berlian yang meliputi yang bisa mempengaruhi keindahan juga harga dari berlian itu sendiri. Adapun aspek 4C tersebut meliputi:

  1. Clarity (kejernihan)

Aspek clarity atau kejernihan pada berlian dapat dipengaruhi dengan ada atau tidaknya cacat pada berlian tersebut. Selain itu, berlian juga yang paling tinggi tingkat kejernihannya yaitu berlian yang terbebas dari noda maupun minim goresan-goresan. 

Pasalnya, semakin banyak cacat yang dimiliki berlian, maka semakin turun dan redup juga kualitas kilauan yang dapat dipancarkannya.

  1. Color (warna)

Ketika hendak membeli perhiasan berlian istimewa, maka jangan lupa perhatikan apakah berlian tersebut terlihat menguning atau tidak. Warna dari berlian sendiri bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Misalnya, karena suhu dan tekanan yang tinggi maupun radiasi. 

Faktor itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa berlian yang tidak memiliki warna atau colorless bisa disebut berlian berkualitas terbaik dan tentu harganya pun sangat tinggi.

  1. Cut (potongan)

Setiap potongan berlian juga bisa mempengaruhi pantulan sinar yang dihasilkan oleh berlian itu sendiri. Perlu diketahui, berlian dengan potongan yang baik dan proporsional akan mampu menghasilkan kilauan cahaya yang sangat indah. 

Salah satu otoritas penilaian kualitas berlian dunia yaitu GIA telah menentukan skala potongan berlian yaitu Fair, Good, Very Good, Ideal dan Signature Ideal.

  1. Carat (karat)

Beda dengan karat pada perhiasan emas, karat pada perhiasan berlian ditentukan berdasarkan berat berliannya. Nilai karat berlian dimulai dari 0,1 sampai 1,0. Semakin besar nilai karatnya, maka harga berlian pun akan semakin melambung tinggi. 

Namun perlu digaris bawahi, besaran karat bukanlah satu-satunya tolak ukur yang mempengaruhi harga suatu berlian. Harga berlian juga dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti yang sudah disebutkan diatas yakni standar cut, carat, dan juga clarity.

Pilihlah Perhiasan dengan Model Timeless

Kini, berbagai jenis perhiasan dengan berlian sebagai material utamanya hadir dengan model dan jenis yang beragam dan juga bisa dipilih sesuai selera dan keinginan. Namun bagi Anda yang baru pertama kali akan membelinya, maka ada baiknya jika memilih perhiasan yang memiliki model timeless atau model tak lekang oleh waktu. Tujuannya adalah agar perhiasan tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa takut akan ketinggalan zaman.

Beberapa model perhiasan yang memiliki sifat timeless yakni berlian dengan potongan round cut dan baguette yang sudah ada sejak dulu dan tetap populer penggunaannya hingga sekarang. 

Itulah dia beberapa tips yang harus Anda ketahui dan bisa diterapkan ketika hendak membeli perhiasan berlian untuk menunjang penampilan. Selain tips-tips yang sudah disebutkan diatas, agar bisa mendapatkan hasil maksimal pastikan Anda juga hanya membelinya di toko perhiasan profesional dan terpercaya salah satunya yaitu Mondial Jeweler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *